LAYANAN INOVASI PENGADILAN NEGERI BENGKALIS KELAS IB

 

 

DAFTAR INOVASI LAYANAN

PENGADILAN NEGERI BENGKALIS KELAS IB

NO

NAMA INOVASI

PENJELASAN INOVASI

ALASAN ADANYA INOVASI

TUJUAN INOVASI

MANFAAT INOVASI

1.

Aplikasi Antrian PTSP

Aplikasi Antrian PTSP adalah aplikasi antrian buat pengunjung para pencari keadilan yang berkepentingan terkait dengan bagian loket hukum, perdata, pidana dan umum, ecourt, dan loket prioritas secara elektronik, dengan adanya aplikasi antrian PTSP ini bisa mempermudah para pencari keadilan untuk mengantri sesuai nomor antrian tersebut.

Perlu adanya antrian PTSP secara elektronik untuk membedakan pengunjung PTSP biasa dan Prioritas (kaum disabilitas dan kaum rentan), perlu tertib dalam pelayanan dimana yang datang lebih dahulu harus dilayani lebih dahulu.

  • Agar pelayanan PTSP tertib sesuai antrian.
  • Mengetahui jumlah layanan setiap loket setiap hari nya berdasarkan jumlah antrian setiap hari per loket

dengan adanya aplikasi antrian PTSP ini bisa mempermudah para pencari keadilan untuk mengantri sesuai nomor antrian tersebut.

 

 

2.

Aplikasi Antrian Persidangan

Aplikasi yang dibangun untuk meningkatkan kinerja dalam manajemen persidangan, para pihak berperkara yang datang terleabih dahulu mengambil nomor antrian sidang sebelum melaksanakan persidangan, aplikasi antrian persidangan ini telah terintegrasi dengan jadwal persidangan SIPP, dalam aplikasi ini nomor antrian telah di kelompokan berdasarkan jenis perkara pidana dan perdata dan berdasarkan per majelis hakim.

Untuk mempermudah dalam manajemen persidangan, memonitoring secara elektronik pihak yang telah hadir di Pengadilan Negeri Bengkalis

 

  • Untuk terlaksananya persidangan yang tepat waktu
  • Memudahkan majelis hakim dan PP dalam memonitor para pihak yang telah hadir
  • Mendahulukan persidangan pihak yang hadir lebih dulu dan telah lengkap para pihaknya

Para pihak dengan mudah mengetahui para pihak yang telah hadir di kantor PN Bengkalis melalui TV monitor antrian sidang, sehingga mengetahui pihak-pihak yang telah hadir dan pihak-pihak yang masih di tunggu.

 

 

3.

Aplikasi PTSP Virtual

Merupakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang ini diharapkan dapat membantu para Pihak Pencari Keadilan dalam rangka mencari Informasi atau Layanan yang diperlukan tanpa harus datang langsung ke PTSP Kantor Pengadilan Negeri Bengkalis, produk layanan yang telah di tanda tangani secara elektronik akan di kirimkan secara online melalui media elektronik seperti email, whatsApp dan sebagainya. Diakses melalui https://virtualptsp.pn-bengkalis.go.id/

Kondisi geografi wilayah hukum Pengadilan Negeri Bengkalis yang terdiri dari sebagian riau daratan dan kepulauan, dengan moda tranportasi darat dan laut menyebabkan sebagian masyarakat sulit untuk menjangkau lokasi PN Bengkalis,

  • Memberikan layanan secara vitual tanpa harus kepengadilan sehingga mewujudkan peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan serta mendorong peningkatan integritas dan transparansi
  • Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan

Membantu masyarakat mendapatkan layanan dengan mudah, hemat waktu, hemat biaya dan hemat tenaga, dengan produk layanan yang telah di tanda tangani secara elektronik akan di kirimkan secara online melalui media elektronik seperti email, whatsApp dan sebagainya memilik kekuaatan hokum yang sama dengan produk di tandatangani secara manual.

 

 

 

4.

Aplikasi Notifikasi Jadwal persidangan

Merupakan aplikasi berbasis WhatsApp yang memberikan pesan notifikasi secara otomatis kepada majelis hakim dan panitera pengganti terkait jadwal siding hari ini, pesan di kirimkan secara otomatis setiap pagi pukul 08.00 WIB kepada hakim dan PP

Perlu sarana untuk memberikan informasi kepada hakim dan PP PN Bengkalis terkait jumlah perkara dan perkara apa saja yang di sidangkan hari ini, sehingga membuat hakim dan PP dalam mempersiapkan persidangan setiap hari nya.

  • Memberikan informasi terkait jadwal persidangan setiap hari kepada hakim dan PP melalui pesan WhatsApp secara otomatis

Membantu meningkatkan manajemen persidangan yang tepat waktu.

 

 

5.

Aplikasi Peso (Pesan Layanan Otomatis)

Merupakan aplikasi berbasis WhatsApp yang memberikan informasi kepada masyarakat terkait informasi standar layanan dan informasi perkara, informasi diberikan secara otomatis melalui pesan WA jika masyarakat mengirimkan pesan dengan format tertentu kepada nomor 0822-8484-7457

Perlu ada sarana yang mempermudah bagi masyarakat untuk mengetahui standard layanan PTSP PN Bengkalis berupa ceklist persyaratan, waktu layanan, alur layanan, produk layanan, biaya layanan, dasar hukum dan pengaduan, termasuk juga informasi suatu perkara pidana dan perdata seperti data umum, penetapan, jadwal siding, tuntutan dan putusan.

  • Untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi tentang standar layanan dan informasi perkara di PN Bengkalis
  • Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan

Membantu masyarakat mendapatkan informasi secara mandiri tentang standar layanan PTSP dan informasi perkara di PN Bengkalis

 

 

6.

Program Pajero (Petugas Antar Jemput Pelabuhan Roto)

Merupakan inovasi dalam bentuk program kegiatan Petugas antar jemput pengguna layanan dari Pelabuhan Roro ke Kantor PN Bengkalis maupun sebaliknya dari kantor PN Bengkalis ke pelabuhan roro secara gratis, menggunakan kendaraan dinas roda dua.

Kondisi geografi wilayah hukum Pengadilan Negeri Bengkalis yang terdiri dari sebagian riau daratan dan kepulauan, dengan moda tranportasi darat dan laut menyebabkan sebagian masyarakat merasa berat dengan biaya transportasi yang tinggi sehingga perlu adanya program Pajero untuk meringankan biaya pengguna layanan. (Sebagaimana diketahui ongkos ojek dari Pelabuhan Roro ke PN Bengkalis atau sebaliknya yaitu Rp. 30.000,-)

  • Untuk membantu meringankan biaya transportasi masyarakat yang datang ke PN Bengkalis dengan menyediakan Petugas antar jemput secara gratis.
  • Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan

Menghemat biaya transportasi dan mempermudah masyarakat yang datang ke PN Bengkalis sehingga mendukung peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan

 

 

7.

E-Brosur

Merupakan aplikasi Inovasi Layanan Publik kemudahan masyarakat untuk mengakses Brosur, Buku, dan Banner Informasi dalam bentuk elektronik menggunakan QR-Barcode. Alamat http://ebrosur.pn-bengkalis.go.id/

Banyaknya brosur dan poster yang harus dicetak dan ditempel pada ruang public seperti area PTSP dan ruang tunggu sidang dengan keadaan yang terbatas dan biaya cetak poster dan brosur yang tinggi di pulau bengkalis sehingga perlu adanya digitalisasi brosur dan poster layanan public di PN Bengkalis, disamping itu proses sosialisasi yang mudah jika poster dan brosur dalam bentuk digital.

  • Untuk memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat pencari keadilan terkait informasi publik dan layanan pengadilan dengan menggunakan perangkat elektronik berbasis web yang mudah diakses menggunakan computer, laptop maupun handphone

Memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi publik dan layanan pengadilan dengan menggunakan perangkat elektronik berbasis web yang mudah seperti computer, laptop maupun handphone

 

 

8.

Aplikasi JDIH (Jaringan Dokumentasi Informasi dan Hukum)

Merupakan aplikasi untuk mempublikasikan kebijakan PN Bengkalis dan merupakan wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib, terpadu, dan berkesinambungan, serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah, dan tepat. JDIH PN Bengkalis berisi kumpulan SK PN Bengkalis, peraturan perundang-undangan baik itu dari perda, mahkamah agung, pemerintah dan undang-undang. Diakses melalui https://jdihpn.pn-bengkalis.go.id

Perlunya dilakukan digitalisasi terhadap SK yang dikeluarkan oleh pimpinan PN Bengkalis, sehingga memudahkan dalam distribusi SK ke Hakim dan Pegawai PN Bengkalis, perlu kemudahan dalam mengakses SK dan penyimpanan SK yang terstruktur dalam database system, serta perlunya sarana publikasi kebijakan dalam bentuk SK ke publik/ masyarakat

  • Untuk memudahkan pencarian SK secara online,
  • Untuk memudahkan pendistribusian SK kepada hakim dan pegawai yang namanya termasuk dalam SK tersebut.
  • Untuk publikasi dan sosialisasi kepada pihak eksternal masyarakat umum
  • Untuk memudahkan dalam mencari peraturan perundang-undangan baik itu dari perda, mahkamah agung, pemerintah dan undang-undang

Pegawai dan hakim serta masyarakat dapat dengan mudah untuk mendapatkan informasi kebijakan/ SK yang di keluarkan oleh PN Bengkalis. Selain itu juga mempermudah untuk mendapatkan dokumen peraturan perundang-undangan baik itu dari perda, mahkamah agung, pemerintah dan undang-undang, karena semua peraturan perundang-undangan di upload dalam JDIH PN Bengkalis

 

 

9.

E-Tamu (Elektronik Tamu Mandiri)

Merupakan aplikasi buku tamu yang diisi sendiri oleh tamu atau pengunjung pengadilan baik keperluan dengan loket PTSP maupun dengan persidangan, aplikasi ini akan membantu mengurangi petugas satpam dalam mengisi buku tamu kedalam aplikasi PTSP+ karena pengisian buku tamu di lakukan secara mendiri oleh pengunjung.

Pengisian buku tamu dalam aplikasi PTSP+ yang selama ini di lakukan oleh loket umum dan petugas satpam menjadi beban tersendiri karena harus mendapat pengunjung secara manual dan memasukkannya kedalam aplikasi PTSP+ sehingga perlu di buat aplikasi dimana masyarakat dapat mengisi sendiri buku tamu nya secara mandiri sehingga mempermudah dan mempercepat pelayanan karena tanpa pendataan manual

  • Untuk membantu petugas loket umum dan satpam dalam pengisian buku tamu secara mandiri oleh pengunjung
  • Untuk mengetahui jumlah pengunjung yang dating ke PN Bengkalis setiap hari nya.

Mempercepat pelayanan tanpa pendataan secara manual kepada masyarakat pencari keadilan, karena masyarakat/pengunjung secara mandiri mengisi buku tamu melalui aplikasi yang disediakan.

 

 

10.

TV Media Center

Merupakan aplikasi inovasi informasi public dalam sebuah TV yang berisi jadwal sidang dan profile pengadilan (visi misi, profile hakim dan pegawai, profile ptsp)

Perlunya untuk menampilkan jadwal siding secara elektronik agar mudah diakses oleh pengunjung sidang

  • Untuk menampilkan Informasi jadwal sidang yang dapat diakses dengan mudah oleh pengunjung siding
  • Untuk menampilkan profile pengadilan yang terdiri dari visi misi, motto, profile hakim dan pegawai, profile ptsp

Mempermudah msyarakat untuk mengetahui jadwal sidang hari ini di PN Bengkalis dan memberikan informasi publik kepada msyarakat berupa profile pengadilan yang terdiri dari visi misi, motto, profile hakim dan pegawai, profile ptsp

 

 

11.

ePPID

ePPID adalah elektronik PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) istilah lain dalam pengelolaan keterbukaan informasi publik di PN bengkalis sesuai SK KMA No. 2-144/KMA/SK/VIII/2022 tentang standard pelayanan informasi public di pengadilan, dimana inovasi ini menampilkan daftar informasi public PN Bengkalis yang dapat diakses secara realtime oleh masyarakat umum pada alamat https://eppid.pn-bengkalis.go.id

Masyarakat yang akan mengakses infomasi public milik PN Bengkalis perlu menelusuri menu-menu yang ada di website PN Bangkinang dan beberapa informasi public sebagaimana di amanatkan oleh SK KMA SK KMA No. 2-144/KMA/SK/VIII/2022 tidak seluruhnya tersedia di menu website. Sehingga perlu bagi masyarakat untuk mengetahui informasi public yang menjadi hak nya yaitu informasi berkala, informasi serta merta, dan informasi yang tersedia setiap saat.

  • Untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi public yang terdiri dari informasi berkala, informasi serta merta, dan informasi yang tersedia setiap saat, informasi standar pelayanan, SOP, struktur PPID, dan permohonan informasi secara elektronik/ online

Mewujudkan keterbukaan informasi public di PN Bengkalis dan memeberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi public yang di butuhkan

 

 

12.

EPanjar

Epanjar adalah elektronik informasi sisa panjar biaya perkara, dimana dalam inovasi ini menampilkan sisa panjar semua perkara yang ada di PN Bengkalis dengan cepat dan mudah guna untuk di ketahui oleh para pihak berperkara, terdapat rincian biaya masuk dan keluar dalam proses perkara yang terintegrasi dengan SIPP PN Bengkalis dan terdapat informasi umum pemberitahuan pengambilan sisa sisa panjar biaya perkara kepad para pihak. Aplikasi di akses melalui http://epanjar.pn-bengkalis.go.id

Perlunya bagi masyarakat untuk melihat sisa perkara dan keterbukaan rincian penggunaan biaya perkara,

  • Untuk memberikan sarana kepada para pihak untuk mengakses informasi sisa perkara dan rincian penggunaan biaya perkara secara transparan.

Memberikan kemudahan kepada ketugas kesir untuk memonitoring sisa panjar perkara

Memberikan kemudahan kepada para pihak untuk melihat infomasi sisa perkara dan rincian penggunaan biaya perkara secara transparan.

 

 

13.

ZI-AMPUH

ZIAMPUH merupakan apikasi inovasi master dokumen control Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM dan master dokumen control Akreditasi Ampuh yang dapat diakses secara online oleh PN Bengkalis dan masyarakat umum. Alamat inovasi dapat di akses melalui https://ziampuh.pn-bengkalis.go.id

Perlunya aplikasi khusus untuk mengakses master dokumen control Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM dan master dokumen control Akreditasi Ampuh sehingga memudahkan dalam monitoring dan evaluasi, serta perlunya publikasi program Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM dan program akreditasi Ampuh yang dapat diketahui oleh masyarakat luas

 

  • Untuk memberikan akses kepada masyarakat umum terkait program program Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM dan program akreditasi Ampuh yang sedang di laksanakan oleh PN Bengkalis dan dapat sebagai referensi bagi instansi lain/ satuan kerja lain terkait dokumen control yang ada di PN Bengkalis

Memudahkan monitoring dan evaluasi terhadap komunen control Pembangunan ZI dan Program Ampuh PN Bengkalis

Memudahkan msyarakat umum dan instansi lain/ satuan kerja lain untuk mendapatkan referensi dokumen control Pembangunan ZI dan Program Ampuh

 

 

14.

MonevSAKIP

MonevSAKIP adalah adalah inovasi internal yang memberikan informasi secara otomatis terkait kinerja SAKIP PN Bengkalis berdasarkan Indikator Kinerja Utama (IKU) PN Bengkalis, aplikasi ini terintegrasi dengan SIPP. Alamat inovasi dapat diakses melalui https://monevsakip.pn-bengkalis.go.id

Kegiatan monev SAKIP yang dilakukan setiap bulannya dilakukan pengumpulan data secara manual dengan mengecek SIPP secara satu persatu sehingga proses pengumpulan data dan perhitungan persentase realisasi kinerja SAKIP yang masih manual membutuhkan waktu lama, maka perlu aplikasi inovasi untuk perhitungan otomatis kinerja SAKIP yang terintegrasi dengan aplikasi SIPP. Serta perlu nya publikasi kinerja SAKIP kepada masyarakat luas secara realtime dalam rangka mewujudkan akuntabilitas kinerja di PN Bengkalis

  • Untuk mempermudah perhitungan perhitungan persentase realisasi kinerja SAKIP
  • Untuk mempermudah melakukan monev SAKIP perbulan
  • Untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait kinerja PN Bengkalis

Memudahkan dalam melakukan monev kinerja PN Bengkalis dan mempublikasikan kinerja PN Bengkalis kepada masyarakat umum secara real time